Capaian Pendapatan Pajak Dispenda Membaik

Umum

Pajak daerah yang berhasil dihimpun oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Bukan hanya masyarakat dari latar belakang ekonomi yang mapan saja yang menikmati, juga wong cilik dari latar belakang keluarga kurang mampu.
Berbagai terobosan untuk mengenjot pendapatan pajak daerah ini antara lain dengan melakukan sosialisasi wajib pajak (WP) yang diselenggarakan di berbagai tempat. Antara lain, Tax Goes to school, Tax Go to Campus, dan Tax on Mall. Program yang berlangsung sejak awal 2015 ini, mampu meningkatkan pendapatan asli daerah.
Kepala Bidang Pembukuan dan Pengembangan Potensi Daerah Tri Okky Rudianto P,SE,M.Si mengatakan, peningkatan tersebut dapat dilihat dari presentase seluruh jenis pajak pada triwulan 2015 mencapai 25 persen besarnya. “Dibanding 2014 lalu, kali ini lebih baik,” tutur oky.
Tahun 2014 lalu, Dispenda menargetkan pendapatan daerah hanya sebesar Rp.260 Miliar. Namun, ternyata pendapatan daerah di 2014 berhasil mencapai Rp. 278 Miliar.Pada tahun ini, Dispenda kembali menargetkan sebesar Rp.270 Miliar. Ada sebanyak sembilan jenis pajak di Kota Malang. Yakni, pajak resto, pajak hotel, pajak hiburan, pajak air tanah, pajak reklame, pajak bumi bangunan (PBB), dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Saat ini, hanya PBB dan BPHTB yang belum mencapai 25 persen besarnya.”PBB baru mencapai 22 persen dan BPHTB baru 19,75 persen,”Jelas Okky.
“Masyarakat kan biasanya mau bayar kalau sudah mendekati tempo. Sehingga, hingga Maret ini, pendapatan dari PBB masih kurang,”ujarnya. BPHTB termasuk pajak pasif. Sehingga, pendapatan daerah dari pajak ini tergantung dari adanya transaksi jual beli.
Terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang Ir.H.Ade Herawanto,MT mengatakan, Dispenda Kota Malang akan terus memaksimalkan pergerakannya untuk mengingatkan masyarkat segera membayar pajak.

Kadispenda Malang Ir.H.Ade Herawanto,MT memberikan arahan persiapan Opsgab 2015
Kadispenda Malang Ir.H.Ade Herawanto,MT memberikan arahan persiapan Opsgab 2015

Selain itu, juga akan ada kegiatan operasi gabungan untuk menindak masyarakat yang melewati batas tempo pembayaran pajak. Selain itu Dispenda juga menyediakan fasilitas pembayaran pajak ditempat. Seperti di Mal, di kegiatan blusukan Walikota Malang Moch.Anton dan kegiatan jalan sehat yang diadakan Dispenda Minggu (5/4) mendatang.
Selain itu untuk mencapai target pendapatan daerah 2015,seluruh kegiatan Dispenda ini untuk upaya membuat Kota Malang menjadi kota inovatif, Kreatif dan Bermartabat. Karena dengan pendapatan daerah, pembangunan daerah disegala bidangpun akan lebih baik.

Leave a Reply